Jumat, 25 Oktober 2013

PROSPEK PERDAGANGAN

Sidat  memiliki  potensi  yang  cukup  besar  untuk  dikembangkan  menjadi  komoditi perikanan   unggulan   karena   permintaan   dunia   yang   sangat   tinggi.   Masyarakat   Jepang merupakan konsumen ikan sidat terbesar dunia, dimana setiap tahunnya membutuhkan 150 ribu  ton  dari  250  ribu  ton  kebutuhan  dunia. Sayangnya,  dalam  beberapa  tahun  terakhir, populasi sidat populer dunia seperti Anguilla Japonica, Anguilla anguilla dan Anguilla rostrata mulai  menurun   drastis   karena   konsumsi  berlebihan,   ditambah   siklus   hidup   yang   rumit menyebabkan stok benih budidaya ikan ini masih mengandalkan hasil tangkapan alam. 
Menurunnya  produksi  sidat  membuat  dunia  mulai  melirik  ke  spesies  sidat  tropik  di Indonesia  yang ternyata  merupakan  pusat  sidat  dan  memiliki  12  spesies  dari  18  spesies yang ada di dunia. Indonesia yang memiliki sidat dengan jenis yang cukup beragam  belum dimanfaatkan   secara   optimal.   Kebanyakan sidat   yang   dipasarkan   merupakan   hasil tangkapan  dari  alam.  Sampai  saat  ini  jumlah  pembudidaya sidat  masih  sangat  terbatas, padahal potensi benih sidat (glass eel) di Indonesia cukup tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa antara    jumlah    produksi    benih    yang    dihasilkan    dari    alam    belum   sepadan dengan pemanfaatannya  untuk  pembesaran.  Dengan  demikian  perlu  diwaspadai karena  kenyataan di lapangan  justru  permintaan  ekspor  terhadap  benih  sidat  (glass  eel)  semakin  meningkat, misalnya dengan dalih untuk penelitian. 
Dengan   adanya   Peraturan   Menteri   Kelautan   dan   Perikanan,   tentang   larangan Pengeluaran Benih Sidat Dari Wilayah Negara Republik Indonesia, ke Luar Wilayah Negara Republik Indonesia NOMOR PER. 18/MEN/2009. 
Ukuran dan benih sidat yang dilarang adalah: 
1.   Benih adalah ikan dalam umur, bentuk, dan ukuran tertentu yang belum dewasa. 
2.   Benih  sidat  adalah  sidat  kecil  dengan  ukuran  panjang  sampai  35  cm  dan/atau  berat sampai 100 gram per ekor dan/atau berdiameter sampai 2,5 cm. 
Jadi ada batasan berat 100 gram, atau diameter s/d 2,5 cm, dan panjang 35 cm. Hal itu memungkinkan perkembangan pemeliharaan sidat dalam negeri sampai ukuran (100 gr, diameter  2,5  cm,  panjang  35 cm), dan  dapat  dilepas  ke  pasar  internasional  untuk  ukuran yang lebih besar. 
Pasaran di Jepang menghendaki ukuran konsumsi 190  gr/ sd 200  gr per ekor  yang disebut  'boko'  [150 gr s/d  220  gr,  panjang  s/d  80  cm  sekilo  6  ekor],  untuk  ukuran  small marketsize adalah 'futo' [100 gr - 150 gr, panjang mencapai 50 cm, sekilo 8 ekor]. 
Jika sudah dipaket menjadi sidat panggang (unagi kabayaki) kemasan adalah 110gr- 120  gr,  dan  150gr-160gr,  dalam  bentuk  sudah  dikemas  dalam  kemasan  vakum,  dari  sidat hidup kabayaki susut beratnya 20%. Harga  sidat  di  Tsukiji  Market  -  Jepang,  mencapai  7.000  yen  per  kg,  sekitar  Rp. 739.865  per kilo  gram,  untuk  unagi  kabayaki  (panggang  di  vakum)  harga  110gr  -  120  gr sekitar 1.260-1.500 yen (133 ribu s/d 158 ribu rupiah). 
Jadi  dapat  diperhitungkan  harga  jual  ke  Jepang,  tentu  akan  memudahkan  jika  di Indonesia  yang  di eksport  adalah  produk  olahan  (unagi  kabayaki),  bisa  juga  dalam  bentuk fresh frozen eel, frozen roasted eel (unagi kabayaki). Untuk pasaran dunia biasanya mereka menghendaki sidat hidup untuk pasar lokal, dan frozen eel.