Rabu, 02 Oktober 2013

Siklus hidup sidat

Sidat berbentuk panjang bertulang tipis ordo Anguilliformes. Karena nelayan dahulu tidak pernah mengetahui anakan sidat, siklus hidup sidat adalah misteri untuk jangka waktu yang sangat panjang dalam sejarah ilmiah perikanan. Sidat tumbuh besar di perairan tawar, setelah dewasa kembali ke laut untuk berpijah.
Dalam siklus hidupnya, setelah tumbuh dan berkembang dalam waktu yang panjang di perairan tawar, sidat dewasa yang lebih dikenal dengan yellow eel berkembang menjadi silver eel (matang gonad) yang akan bermigrasi ke laut untuk memijah.
Pada stadium larva, sidat hidup di laut. Bentuknya seperti daun lebar, tembus cahaya, dan dikenal dengan sebutan leptocephalus. Larva ini hidup terapung-apung di tengah samudera. Leptocephalus hidup sebagai plankton terbawa arus samudera mendekati daerah pantai. Pada stadium elver, sidat banyak ditemukan di pantai atau muara sungai.
Panjang tubuh 5-7 cm, tembus cahaya. Burayak (anak ikan/impun) akan hidup di air payau sampai umur satu tahun. Ketika itulah sidat akan berenang melawan arus menuju hulu sungai. Setelah bertemu dengan perairan yang dalam dan luas, misalnya lubuk, bendungan, rawa atau danau, sidat akan menetap dan tumbuh menjadi ikan buas dan liar. Impun dewasa inilah yang selanjutnya dikenal sebagai sidat. Ketika itulah dia akan kembali ke laut lepas untuk kawin dan berkembangbiak. Setelah berpijah, induk akan mati. Pola hidup sidat bertolakbelakang dengan ikan salmon (Salmonidae). Salmon justru hidup di laut, tetapi kawin dan berkembangbiak di air tawar di pedalaman. Perilaku catadromous, tidak hanya terjadi pada sidat, melainkan juga udang galah.

  • Induk sidat yang telah melakukan pemijahan akan mati setelah menghasilkan telur. 
  • Telur yang telah dibuahi akan menetas dalam waktu satu  hingga sepuluh hari dan berubah menjadi larva sidat yang dikenal dengan leptochephalus. Larva sidat bersifat pasif dalam mencari makanan dan cenderung hanya mengambil makanan yang ada di sekitarnya. Leptochephalus secara berangsur-angsur akan menuju ke permukaan air sesuai dengan perkembangan tubuhnya. Larva tersebut akan bergerombol menuju ke lapisan air yang dangkal karena terbawa oleh arus permukaan laut menuju ke perairan tawar. Selama dalam perjalanan menuju ke perairan tawar, leptochephalus mengalami perubahan bentuk. 
  • Setelah di perairan pantai, leptochephalus biasanya telah berubah menjadi elver (sidat kecil). Elver akan hidup di perairan tawar hingga menjadi dewasa dan matang kelamin. 
  • Pasangan induk sidat yang telah matang kelamin akan berusaha memijah ke laut.