Jumat, 25 Oktober 2013

Pengemasan Sidat

Tahapannya adalah penimbangan, dan pengemasan. 
Perhitungan    sidat    dilakukan    secara manual  dengan  cara  sampling.    Cara ini   cukup   efektif.   Sidat juga   harus ditimbang   agar   diketahui   beratnya. 
Setelah diketahui jumlah dan beratnya, sidat   siap   untuk   dijual.

Tahap  terakhir  dari  proses  kegiatan  budidaya  adalah penanganan  pasca  panen.  Dengan  penanganan   pasca  panen yang   benar   diharapkan   nilai   jual   tidak   turun.   Ikan   sidat  mempunyai  nilai  jual  tinggi pada  saat  diperdagangkan  dalam kondisi   hidup   dan   segar   (dan   berkualitas   baik).   Untuk   itu diperlukan  cara  pengemasan  ikan  sidat  ukuran  konsumsi  akan menjamin kelangsungan hidupnya dari mulai penanganan panen di tambak sampai ke lokasi pasar. 
sistim  tertutup.  
Tahap  pengemasan  yaitu  ikan sidat  yang  telah  dipuasakan  diambil  untuk  ditimbang sebanyak  100 kg, kemudian  dipingsankan  di  wadah  yang  telah  diberi  es  batu sampai suhu mecapai 7 - 10 c 0, 
Setelah ikan sidat pingsan, dikemas dengan  plastik  yg  sudah  diisi  air  sebanyak  2/3  dari  volume. 
Tahap selanjutnya kantong tersebut diberi oksigen murni dan kantong diikat dengan menggunakan karet. Selanjutnya ikan sidat dikemas kantong plastik kemudian dimasukan ke dalam styrofoam, dan di sela-selanya diberi diberi batu es yang sudah dibungkus dalam plastik.