Rabu, 27 November 2013

Likuiditas dan cash flow

Dapatkah bisnis menghasilkan cukup uang bila diperlukan untuk membayar tagihannya?
Apakah bisnis dapat menghasilkan cukup uang bila diperlukan untuk membayar tagihan adalah pertanyaan kunci ketiga yang harus diatasi . Likuiditas / cash flow merupakan masalah yang terpisah dari posisi keuangan dan profitabilitas. Usaha yang menguntungkan dan baik mungkin tidak memiliki cash flow yang cukup untuk bertahan hidup. Atau, bisnis yang sangat cair mungkin tidak menguntungkan atau tidak mungkin baik. Untuk alasan ini, likuiditas harus dianalisis secara terpisah dari analisis posisi keuangan dan profitabilitas.
Likuiditas ( kemampuan bisnis untuk menghasilkan cukup uang bila diperlukan untuk membayar tagihannya ) adalah konsep yang cukup luas dan sejumlah indikator keuangan dapat digunakan untuk mengukurnya. Dari jumlah tersebut, laporan cash flow adalah yang paling berguna. Dalam laporan cash flow, semua pendapatan dan beban kas dicatat untuk setiap bulan dan setiap surplus atau defisit dihitung. Ini menunjukkan pola cash flow, menunjukkan bulan dengan kekurangan cash flow dan menunjukkan ketika modal operasi tambahan diperlukan. Laporan cash flow untuk tahun lalu adalah dasar untuk mengembangkan anggaran arus kas untuk tahun yang akan datang. Memproyeksikan pendapatan kas yang diharapkan dan biaya untuk setiap bulan dari tahun yang akan datang adalah cara terbaik untuk struktur pinjaman operasi bisnis untuk memastikan bahwa modal operasi akan tersedia pada bulan-bulan yang diperlukan untuk menghindari kekurangan kas.
Analisis likuiditas / cash flow tidak mengukur keuntungan karena hanya pendapatan dan beban kas dipertimbangkan dalam analisis cash flow. Penting item non - kas seperti penyusutan tidak termasuk dalam analisis cash flow karena mereka ketika profitabilitas bisnis sedang dianalisis. Demikian pula, analisis cash flow tidak mencakup langkah-langkah dari nilai aset yang dibandingkan dengan kewajiban utang dan tidak mengukur kekuatan atau kelemahan keuangan bisnis , seperti halnya neraca.